25 Anggota Biasa dapat mengajukan pendirian APPRODI Daerah dengan mengisi formulir yang disediakan
Sebulan setelah formulir disetujui oleh APPRODI Pusat, laporan hasil Musyawarah Daerah/Cabang beserta susunan kepengurusan APPRODI Daerah sudah harus diterima oleh APPRODI Pusat untuk pengesahan
Tiap kerjasama APPRODI Daerah dengan external wajib dilaporkan ke APPRODI Pusat untuk sinergisitas
Arah, target & RKAT terkait pelayanan dan program wajib disampaikan pada awal tahun dengan melihat sebaran keanggotaan dan layanan program yang dijanjikan untuk tiap jenis anggota tsb
Layanan dan program untuk anggota wajib dicatat dan dievaluasi untuk perbaikan serta efisiensi
Semua penyedia layanan dan program wajib mengisi formulir kerjasama dengan APPRODI Pusat
Layanan dan program yang merespon permintaan agar dihitung terlebih dahulu risiko & profitnya
Penentuan penyedia layanan dapat mengikuti rating kepuasan customer atau kebijakan dari pusat.
Kontrak harus meniadakan risiko bagi APPRODI sekiranya terjadi wan-prestasi dalam pelaksanaan
Pembayaran atas layanan dan program dibayar melalui akun APPRODI lalu ke akun ke penyedia
Kepengurusan APPRODI Pusat dan APPRODI Daerah wajib memiliki dokumentasi arah, target, RKAT, kegiatan, keuangan dan evaluasi sehingga dapat diperiksa setiap saat oleh dewan pengawas
Besar rencana penerimaan & pengeluaran dibuat dengan melihat statistik anggota dan rencana triwulan dengan memakai estimasi konservatif minimalis.
Bendahara wajib mensinergikan semua bidang agar kebutuhan pendanaan untuk pengembangan organisasi dapat terpenuhi dari sumber-sumber non reguler dan mencatat semua transaksi.
Sebagai organisasi non-profit, income utama APPRODI Pusat dan Daerah berasal dari iuran, donasi sponsor dan 10% dari laba kegiatan pelayanan dan program yang diberikan oleh para penyedia
Income tsb digunakan utamanya untuk membiayai kesekretariatan, promosi, kerjasama dan riset
Laporan kegiatan dan keuangan wajib dilaporkan setiap bulan, triwulan, akhir tahun dan munas. Tiap direktorat wajib memastikan proses dokumentasi kegiatan dan keuangan berjalan dengan baik.
Sekretaris Pusat dan Daerah berwenang merekrut, mengarahkan dan mengevaluasi pengurus
Tiap pengurus Pusat dan Daerah wajib mengisi formulir minat kepengurus dan menandatangi komitmen & alokasi waktu untuk kepengurusan sebelum dapat dilantik.
Sesuai surat komitmen tsb, status pengurus otomatis berubah menjadi anggota biasa tanpa hak pengurus jika berhalangan tetap / tidak melaksanakan tupoksi selama 3 bulan berturut-turut.
Untuk memastikan organisasi berjalan, Pengurus minimal wajib membayar iuran bulanan setahun penuh sebagai anggota biasa atau lebih dengan melihat besaran komitmen yang ada.
Rapat pleno dilakukan minimal 1x per bulan & rapim / rapat bidang dilakukan 1x per pekan. Kehadiran pengurus dalam rapat dilaporkan ke sekretaris untuk pengembangan & pembinaan.
Staff kesekretariatan direkrut sesuai budget dan wajib memiliki target kinerja yang terukur
Arah, target dan RKAT untuk riset dan publikasi wajib disampaikan di awal tahun – dengan melihat kebutuhan promosi APPRODI, tindak lanjut program/kerjasama dan optimalisasi Dewan Pakar.
Estimasi dampak / jumlah pemirsa / lembaga yang memakai hasil riset dalam tahun berjalan wajib dimasukkan dalam laporan akhir hasil penelitian.
Hasil kajian perlu juga dibuatkan dalam versi sederhana / berbasis multimedia sehingga cepat mudah untuk dipahami dan dicerna oleh publik luas.
Arah, target dan RKAT kegiatan adopsi inovasi perlu disampaikan di awal tahun – dengan melihat konteks peluang, promosi APPRODI & prioritas industri / pemerintah saat ini secara nasional
APPRODI perlu aktif tampil bersama PENTAHELIX dalam percepatan semua revolusi (1. Agraris, 2. Industrial, 3. Informasi, 4. Otomasi) melalui up-skilling talenta dan adopsi teknologi praktis
Publik yang berminat dengan program akselerasi transformasi & startup berbasis inovasi teknologi (1,2,3,4) wajib mengisi formulir assesment, pendampingan dan support inovasi oleh APPRODI.
Semua kegiatan terkait akselerasi wajib didokumentasi untuk evaluasi, peningkatan & efisiensi